Ternyata Kedua Perusahaan di Amerika Serikat ini Memberikan Hak Cuti yang Fantastis

loading...

Siapa sih karyawan yang tidak ingin mendapatkan hak cutinya, apalagi setelah merasakan penatnya dalam bekerja. Sebelum kita membahas hak cuti, kita juga harus memahami tentang hak cuti itu sendiri dan Undang Undang yang mengatur didalamnya. Jika di Indonesia, hak cuti diatur pada Undang-Undang (UU) Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketentuan cuti yang terdiri dari; cuti tahunan, cuti sakit, cuti besar, cuti bersama, cuti hamil, dan cuti penting. Jika di Amerika Serikat, di atur dalam Departement of Labor United States yang terdiri dari; Undang-Undang Cuti Keluarga dan Medis maupun Undang-Undang Standar Ketenagakerjaan yang Adil. 

Namun, untuk kali ini saya akan membahas tentang perusahaan-perusahaan yang memberikan hak cuti fantastis bagi para karyawannya. Tak disangka, perusahaan-perusahaan ini berasal dari negara Amerika Serikat. Berikut adalah ulasan tentang perusahaan-perusahaan yang dimaksud.  

Netflix

Sumber : nypost.com
Netflix merupakan salah satu perusahaan streaming dari Los Gatos, California, Amerika Serikat. Netflix memberi kemudahan hak cuti untuk keluarga, seperti melahirkan atau liburan. Bentuk cuti yang diberikan adalah cuti melahirkan (maternity leave) bagi wanita, dan cuti ayah (paternity leave) untuk membatu istrinya yang baru melahirkan. Waktu yang diberikan dalam cuti ini yaitu selama satu tahun. Ketika cuti, karyawan akan tetap mendapatkan gaji secara normal seperti saat mereka bekerja. 

Hal ini dilakukan oleh Netflix, untuk memudahkan karyawannya merawat maupun membantu memenuhi keperluan sang anak yang baru dilahirkan. Tak hanya itu, Netflix memberikan kebebasan karyawannya yang ingin tetap bekerja penuh ataupun paruh waktu meskipun masih dalam masa jatah cutinya tersebut. Untuk cuti liburan, Netflix telah memberikan waktu tak terbatas bagi karyawan yang ingin pergi berlibur dengan keluarganya.  

Kemudahan Netflix untuk memberikan hak cutinya sangatlah beralasan, karena perusahaan ini menganggap bahwa karyawannya memiliki kewajiban selain bekerja, salah satunnya mereka juga harus mengurusi keluarganya. Tak bisa dipungkiri, bahwa Netflix secara tidak langsung sudah menjadi perusahaan yang memperhatikan hak karyawannya secara baik. Meskipun, telah memberikan hak cuti yang fantastis, hal ini tidak menyurutkan kinerja perusahaan. 

Google

Sumber : Google.com
Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan Google. Perusahaan yang terletak di Sillicon Valley, California, Amerika Serikat ini memberikan hak cuti melahirkan yang baik kepada karyawannya, selain terkenal dengan atmosfer perusahaannya yang homy. Hak cuti ini diperuntukkan bagi karyawan pria yang istrinya baru melahirkan selama 6 minggu, dan karyawan wanita yang baru melahirkan selama 18 minggu

Sama seperti Netflix, selama masa cuti berlangsung Google tetap memberikan gaji seperti hari kerja biasanya. Kemudahan tersebut tak hanya berupa cuti saja tetapi juga diperuntukkan bagi karyawan yang ingin membawa anaknya ke kantor Google, Google akan menyediakan fasilitas Day Care di Googleplex. 

Itulah perusahaan-perusahaan yang memberikan hak cuti fantastis kepada karyawannya, secara tidak langsung sebenarnya cuti juga membantu memperbaiki atau meningkatkan kinerja perusahaan, karena tingkat kepuasan karyawan paling utama sehingga membuat betah dalam bekerja.


#MoneySmartMenginspirasi

Comments

loading...

Popular posts from this blog

Menjadi Beruntung

Curhat Sih yang Ideal Aja !!!