Penyebab Harum Unik Setelah Hujan

loading...
Biasanya setelah hujan, timbul harum yang unik. Ternyata, itu ada penyebabnya loh...
Berikut adalah beberapa penyebab timbulnya harum unik setelah hujan, yang telah saya rangkum sebelumnya ;
    Sumber design : Undas.co
  • Bakteri
Bakteri yang bernama Actinomycetes mampu tumbuh pada wilayah lembab dan hangat, lalu menghasilkan spora pada saat hujan turun. Penguraian spora saat hujan ini, yang mampu menyebabkan harum unik pada saat hujan mulai reda.
  • Geosmin
Tak hanya spora, bakteri Actinomycetes pun mengeluarkan senyawa geosmin. Hujan yang turun pun, telah membantu penyebaran geosmin menyebar luas di udara. Tak hanya berpengaruh pada hujan, senyawa geosmin juga mampu menyebabkan bau tanah pada ikan tawar.
Istilah ini di gunakan pada minyak yang di hasilkan tanaman, pada saat musim kemarau sebagai bentuk pertahanan diri. Pada saat hujan, minyak yang dihasilkan tanaman tersebut akhirnya menguap. Sebelum menguap, minyak yang di hasilkan oleh tanaman saat kemarau akan disimpan terlebih dahulu di dalam tanah dan bebatuan.

Sumber design : Letter Canteen
Istilah Petrichor berasal dari bahasa Yunani dan di temukan oleh saintis asal Australia yaitu Isabel Joy Bear dan Roderick G. Thomas pada tahun 1964.
Saat ada halilintar, ternyata halilintar memecahkan sebagian molekul pada ozon yang dapat menimbulkan harum seperti metalik.

Itulah penyebab alam yang mampu menghasilkan harum khas saat hujan. Semoga bermanfaat...

Sumber :
Howstuffworks
Compoundchem
Livescience


*Rewrite dari artikel yang telah saya tulis dan publish sebelumnya di nulis.co.id

Comments

loading...

Popular posts from this blog

Menjadi Beruntung

Curhat Sih yang Ideal Aja !!!